Pages

Rabu, 13 November 2013

Hasil Produk Daur Ulang Pelepah Pisang

         Ternyata hal yang kita anggap sudah tidak berguna banyak bermanfaat bagi kita. Contohnya pelepah pisang.Pelepah pisang ternyata bisa dibuat menjadi tempat pensil.Percaya atau tidak namun kini sudah ada buktinya.Ternyata ada seorang pengrajin yang menemukan ide membuat pelepah pisang menjadi tempat pensil yang sangat cantik.Karena keterampilan yang dimiliki oleh pengrajin itu,pelepah pisang yang kita anggap sampah selama ini bisa diubah menjadi benda untuk biaya makan sehari-hari.Dengan membuat itu,para pengrajin bisa mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit.Selain itu tempat pensil juga bermanfaat dan banyak dicari oleh para pelajar.Karena bentuknya yang cantik,pembeli tidak bosan untuk menggunakannya.

 Cara Membuatnya :
Bahan : 

  1. Pelepah pisang
  2. Gunting 
  3. Kertas karton,  kertas karton ini digunakan untuk pola bentuk dari pensil yang kita inginkan, biasanya berbentuk tabung.
  4. Biji-bijian kering, ini digunakan sebagai penghias.
  5. Pensil
  6. Lem, dianjurkan lem yang mempunyai daya ikat tinggi.

Langkah - Langkah : 

  • Siapkan pelepah pisang yang sudah kering, untuk pengeringan bisa digunakan dengan cara diangin-anginkan.
  • Tempelkan pelepah pisang pada kertas karton  yang  sudah dibentuk.
  • Proses pengeleman menggunakan lem yang mempunyai daya rekat tinggi.biasanya menggunakan lem fox.
  • Tunggu sampai kering, jika sudah kering bisa menambahkan biji-bijian yang sudah kering atau dapat juga menambahkan hiasan dari tempurung kelapa untuk menambah kesan menarik dari kerajinan yang kita buat.
  • Dan jadilah tempat pensil yang cantik dan unik.


 






1 komentar: